Melon

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 35 warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Kampung Bayam, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengikuti pelatihan budidaya Melon dengan sistem hidroponik di Agro Edu Wisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (28/1). Pelatihan ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kadis Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI, Suharini Eliawati mengatakan, pelatihan diberikan kepada warga Kampung Bayam agar mereka dapat mengembangkan budi daya Melon. Sehingga saat pindah ke hunian lain mereka sudah mahir bercocok tanam dan melakukan budidaya tanaman dan perikanan.

“Harapannya, nanti ketika mereka dipindah dengan kondisi lahan yang lebih luas yang disiapkan PT Jakpro, mereka siap memproduksi tanaman dan pertanian dengan kualitas yang sangat baik,” kata Eli.

Sementara Ketua Kelompok Tani Kampung Bayam, Muhammad Furqon menjelaskan, ini merupakan kali kedua mereka keluar wilayah untuk mendapat edukasi dan pelatihan. Sebelumnya dilakukan di Kebon Bibit Ragunan, Jakarta Selatan.

Dia juga menyatakan, pihaknya siap menjadi kelompok tani yang berdampingan dengan Jakarta International Stadium dan menjadi percontohan bagi kampung-kampung lainnya.

“Dengan pelatihan dan pendampingan ini, kami berharap bisa sukses dan profesional dalam menggerakkan pertanian perkotaan. Ini menjadi sebuah cenderamata kehidupan bersejarah bagi kami,” tandasnya. (hop)