Mikrotrans AC

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bersama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Jumat (28/1), mencanangkan program Mikrotrans AC di Stasiun Gondangdia, Jalan Srikaya, Kelurahan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, program Mikrotrans AC ini merupakan salah satu upaya memanjakan pelanggan agar lebih nyaman bermobilitas sekaligus bentuk implementasi program Gubernur DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan publik di Ibukota.

“Saya mengapresiasi manajemen PT Transjakarta yang telah mengimplementasikan layanan Mikrotrans ber-AC, dalam upaya memenuhi standar layanan minimal sesuai amanat Pergub 13 tahun 2019,” tutur Syafrin.

Menurut Syafrin, saat ini layanan Mikrotrans AC ini akan diprioritaskan untuk trayek kawasan terintegrasi seperti stasiun kereta api yang sudah dilakukan penataan dan jalur yang belum dilintasi armada Transjakarta. Hal ini untuk memenuhi cakupan area layanan 95 persen.

“Saya berharap, operator bus kecil untuk memahami implementasi Mikrotrans AC ini. Tentu program ini akan dilaksanakan secara bertahap dan konsisten,” ucapnya.

Direktur Utama PT Transjakarta, Mochammad Yana Aditya menjelaskan, melalui program Mikrotrans AC ini pihaknya ingin memperkenalkan wajah baru angkot Jakarta yang lebih nyaman. Selain itu, armada ini juga memberikan rasa aman dengan fasilitas CCTV dan GPS serta pintu otomatis yang dikendalikan pramudi.

“Pada tahun ini, minimal akan ada 60 angkot ber-AC. Kami yakin dengan makin membaiknya transportasi umum melalui sistem JakLingko ini, akan semakin banyak warga Jakarta yang beralih ke angkutan umum,” tandasnya. (hop)