Kios UMKM Kota Depok(foto: depok.go.id)

Kastara.ID, Depok – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, saat ini telah merampungkan pembuatan 623 kios bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok.

Pada tahun 2019, rencananya kios tersebut akan ditambah lagi sebanyak 300 unit.

Kepala Disdagin (KADIS) Kota Depok Kania Parwanti mengatakan, pengadaan kios merupakan realisasi dari program 1000 kios yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot Depok). Untuk pengerjaannya dilakukan secara bertahap, dengan target penyelesaian di tahun 2020.

“Pengadaan kios UMKM sudah dimulai sejak tahun 2017, dengan total 200 unit. Kemudian 2018 ditambah lagi 423 unit, sehingga jumlah totalnya menjadi 623 unit,” tutur Kania, Kamis (28/3).

Menurut Kania, kios yang diadakan di tahun 2017 seluruhnya telah diisi oleh pelaku usaha mikro. Sementara kios yang diadakan di tahun 2018, saat ini sedang dalam tahap pengisian.

“Kios yang dibuat tahun 2018 juga masih memiliki jaminan pemeliharaan, serta pengerjaannya diawasi langsung oleh konsultan pengawas. Sehingga hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Selain itu, desainnya agak berbeda dari tahun lalu yaitu menggunakan motif batik Depok,” ujarnya.

Kania menambahkan, sementara di tahun 2019, pihaknya berencana menambah sebanyak 300 unit. Dengan target penyelesaian akhir Desember. “Sekarang masih dalam perencanaan untuk menentukan lokasi, desain atau model kios, dan spesifikasinya.

Setelah itu, akan dilakukan pelelangan untuk pengerjaannya. Seperti pengadaan kios pada tahun sebelumnya, yang nantinya melalui tahap lelang,” imbuhnya. (*)