Kopi

Kastara.ID, Jakarta – “Swedia merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi yang cukup tinggi di dunia, yakni tercatat pada peringkat 6 sebagai negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia. Oleh karena itu, saya percaya bahwa kopi Indonesia akan dengan mudah masuk ke pasar Swedia,” ujar Dubes RI Raden Bagas Hapsoro dalam pertemuan dengan Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ricky Joseph Pesik.

Saat ini kopi Indonesia sudah dikenal di Swedia, termasuk kopi Gayo. Kopi Gayo adalah salah satu kopi terfavorit di Swedia. Kualitas dan aroma kopi tersebut menjadikannya sebagai minuman resmi pada acara penganugerahan Nobel setiap tanggal 10 Desember.

Untuk lebih memasyarakatkan kopi Indonesia, Dubes Bagas juga mengajak BEKRAF untuk berpartisipasi dalam Event Kopi di Swedia pada bulan Juni 2019.

Menanggapi ajakan tersebut, Ricky menyatakan bahwa hal ini merupakan peluang bagus untuk kopi Indonesia yang terkenal. “Seperti Kopi Gayo untuk dikenal tidak hanya di kalangan coffee connoisseur, tapi juga di kalangan mainstream, untuk semakin didengar dan dirasakan oleh masyarakat negara-negara di utara, seperti Swedia dan negara Skandinavia lainnya.” (KBRI Stockholm/mar)