Amien Rais

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan, dirinya yakin tidak banyak kader partainya yang bakal bergabung dengan partai baru bentukan Amien Rais.

Dia mengatakan bahwa PAN punya rasionalitas. Yoga meragukan klaim Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas bahwa ada 150 pimpinan PAN di daerah yang siap bergabung dengan Amien.

“Para kader dan pengurus PAN akan lebih rasional. Kalau diistilahkan bakal bedol desa, menurut saya itu over estimate. Kalau pun ada yang loncat pagar, itu pun hanya sedikit dan beberapa saja,” katanya, Sabtu (28/3).

Dia juga mengingatkan, tak mudah membuat partai baru yang bisa bertahan lama dengan dinamika saat ini. Apalagi dengan pendekatan yang sudah ketinggalan zaman. Meski dirinya juga menghargai niatan Amien dan sebagian kader yang hendak membentuk partai baru. Dia bilang itu adalah hak politik yang dijamin konstitusi.

Sebelumnya Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas menyebut ada gerakan di internal PAN untuk membuat partai baru. Hal itu terjadi usai sebagian kader merasa kecewa dengan kepemimpinan Zulkifli Hasan sebagai ketua umum.

Asri mengatakan, gerakan itu direstui dan dipimpin langsung oleh pendiri PAN Amien Rais. Sebanyak 150 pimpinan PAN di daerah diklaim siap bergabung dengan partai yang saat ini dinamai PAN Reformasi.

Sejumlah tokoh kaliber nasional dari Muhammadiyah dan aktivis 98 disebut siap bergabung. Asri juga mengklaim nama mantan Ketua KPK Abraham Samad merapat, namun dibantah oleh yang bersangkutan. (ant)