Kastara.ID, Jakarta – Pusat Pelatihan Kerja dan Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo, Jakarta Timur kembali dipercaya memproduksi belasan ribu masker. Ini menyusul adanya bantuan tambahan kain berupa bahan baku pembuatan masker hasil donasi dari para ASN dan CSR. Seluruh masker yang diproduksi diperuntukkan khusus untuk penanganan Coronavirus Disease (COVID-19).

Kepala PPKPI Pasar Rebo Budi Karlia Setiyanto mengatakan, kepercayaan atas pembuatan belasan ribu masker ini untuk memenuhi banyaknya permintaan masyarakat melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta. Sebelumnya, PPKPI Pasar Rebo juga telah memproduksi 4.814 masker yang telah diserahkan ke Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta.

“Bahan baku untuk pembuatan masker datang pekan lalu. Jumlahnya ada 10 rol atau 1.000 yards jenis bahan katun dan parasut. Seluruhnya akan kita buat masker mulai hari ini,” ujar Budi (27/4).

Dikatakan Budi, dari bahan baku yang tersedia, diprediksi bisa menghasilkan 14 ribu pcs masker tipe dua lapis yang bagian tengahnya bisa disisipkan bahan tambahan seperti tisu.

Instruktur Tata Busana PPKPI Pasar Rebo, Diana Simanjuntak, menambahkan, pembuatan masker ditagretkan rampung dalam 10 hari ke depan. Pembuatan masker dilakukan oleh 20 tenaga, yang berasal dari siswa pelatihan dan dibantu para alumni di mana pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah masing-masing siswa.

“Hari ini kita potong-potong dulu kainnya. Kemudian besok kita bagikan ke siswa agar mengerjakan di rumah masing-masing,” tandas Diana. (hop)