Kastara.ID, Depok – Ternyata orang yang berusia lanjut di Kota Depok hampir sepertiganya warga dengan lanjut usia (lansia). Dalam rangka bulan Ramadan, ratusan warga yang berusia lanjut dari 11 kecamatan di Kota Depok mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) dengan “Jemput Usia Senja dengan Sehat, Mandiri, dan Produktif” di Aula Perpustakaan Kota Depok, Selasa (28/5).

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Depok Elly Farida mengatakan bahwa betapa pentingnya menjaga dan mengelola kesehatan untuk para lansia.

“Lansia yang ada di Kota Depok mencapai 74 tahun, sebuah angka kehidupan yang sangat tinggi di tingkat provinsi, ini keren banget,” ucap Elly Farida saat memberikan sambutan di depan ratusan lansia

Terkait dengan kesehatan para lansia, ia berharap kepada kader PKK yang ada di Kota Depok untuk memberikan perhatian yang lebih, terutama dari segi kesehatannya.

“Ini juga menjadi tanggung jawab kader PKK untuk menjemput bola dalam hal kesehatan lansia. Sehingga mereka merasakan kehadiran dan fungsi dari PKK,” harapnya.

Sementara itu Kepala DPAPMK Nessi Annisa Handari mengatakan bahwa kegiatan pesantren kilat bagi lansia tangguh diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi bagi para lansia dan juga keluarganya.

“Kegiatan ini dapat menambah semangat dan motivasi bagi lansia untuk menyadari betapa pentingnya ketahanan keluarga yang mencakup berbagai aspek baik menyangkut kesehatan, ekonomi, pendidikan, infrastruktur, dan interaksi sosial,” imbuhnya. (*).