Menyusui

Kastara.ID, Jakarta – Jurnal The Lancet menerbitkan satu penelitian yang mengungkapkan virus Corona COVID-19 ditemukan pada air susu ibu (ASI). Hal ini diketahui setelah dilakukan penelitian pada dua orang ibu yang terinfeksi SARS-CoV-2. Sampel ASI dari kedua ibu itu diambil dengan pompa dan disimpan di wadah steril.

Melalui beberapa langkah, sampel dari ibu ke-1 dinyatakan negatif pada hari ke-12. Sedangkan pada ibu ke-2, RNA SARS-CoV-2 terdeteksi di dalam ASI pada hari ke-10, di payudara kiri dan kanan.

Sejak hari ke-10, para peneliti rutin mendeteksi virus dalam ASI ibu ke-2. Setelah dipelajari, RNA virus pada ASI muncul bersamaan dengan gejala COVID-19 ringan.

Apakah anak bisa tertular virus melalui proses menyusui? Penelitian tersebut menyebutkan belum bisa diketahui pasti, karena sampel yang menunjukkan adanya virus di dalam ASI masih sangat minim untuk dijadikan acuan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengatakan penularan COVID-19 melalui ASI atau menyusui langsung belum bisa dibuktikan secara pasti. Ini karena sampai sekarang pun belum ada bukti penelitian yang membuktikan bahwa penularan bisa melalui jalur ini.

Menurut WHO wanita tetap harus terus menyusui anaknya bahkan selama pandemi berlangsung. Manfaat yang bisa didapatkan melebihi potensi risiko penularan penyakit ini. (har)