MRT

Kastara.ID, Jakarta – Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) mengapresiasi raihan prestasi Jakarta yang berhasil masuk dalam tiga kota terbaik dunia untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota pada ajang Sustainable Transport Award yang tahun ini diselenggarakan di Forteleza, Brazil.

Dalam ajang itu, Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda), setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar dunia.

Ketua Amarta Rico Sinaga mengatakan, raihan prestasi itu menjadi bukti keseriusan dan kerja keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama seluruh jajaran untuk membenahi sistem transportasi di Jakarta.

“Saya menyampaikan selamat kepada Pak Anies beserta jajaran atas raihan prestasi itu,” ujarnya, Jumat (28/6).

Rico berkeyakinan, melalui adanya integrasi seluruh moda transportasi baik Bus Rapid Transit (BRT), Moda Raya Terpadu (MRT), dan Light Rail Transit (LRT) tidak menutup kemungkinan Jakarta akan meraih peringkat pertama dalam perbaikan sistem transportasi.

“Sejak 8 Oktober 2018, Pak Anies telah meluncurkan program integrasi angkutan umum Jak Lingko. Hingga Januari 2019, 178.003 Kartu Jak Lingko telah terjual dan terus terjadi penambahan. Saya optimistis Jakarta bisa menjadi yang terbaik di dunia dalam pembenahan transportasi umum,” terangnya.

Menurutnya, meningkatnya animo menjadi salah satu penanda masyarakat kian merasa nyaman dan aman dalam menggunakan transportasi umum.

“Semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum akan semakin memberikan dampak positif. Termasuk untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta,” ungkapnya.

Ia berharap, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait bisa cepat tanggap dalam merespons maupun mempublikasikan prestasi-prestasi yang diraih Pemprov DKI. Sehingga, publik, khususnya warga secara luas bisa mengetahui prestasi yang diraih Jakarta. (hop)