Jakarnaval

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan Jakarnaval Tahun 2019 pada hari Ahad, 30 Juni.

Pelaksanaan Jakarnaval mengangkat tema “Wajah Baru Jakarta” sesuai tema HUT ke-492 kota Jakarta. Jakarnaval akan menampilkan parade budaya, parade modern dan parade mobil hias.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan, sebanyak 5.000 orang akan ikut berpartisipasi dalam pawai budaya. Selain itu, ada juga 25 kendaraan untuk parade mobil hias yang akan menampilkan bus tingkat milik Transjakarta.

“Peserta pawai dan parade melibatkan warga, pelajar, pekerja seni, dan komunitas, ada juga parade yang menampilkan kebudayaan negara sahabat. Warga bisa menikmati acara ini secara gratis,” ujarnya, Jumat (28/6).

Edy menjelaskan, panggung utama Jakarnaval berada di depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta. Peserta pawai rencananya akan dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Adapun rute parade budaya dan parade modern berawal dari depan Balai Kota DKI Jakarta belok ke Jalan MH Thamrin dan berputar di tugu jam MH Thamrin, kemudian mengarah ke Monas.

Sementara, untuk rute parade mobil hias dimulai dari depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta berbelok ke arah Jalan MH Thamrin dan berakhir di Bundaran HI. “Pawai dimulai pada pukul 15.00 dan berakhir pada pukul 17.30,” terangnya.

Menurutnya, untuk akses transportasi masyarakat bisa menggunakan transportasi umum bus Transjakarta dan turun di halte Balai Kota DKI Jakarta. Bagi pengguna commuter line turun di Stasiun Gondangdia, dan bagi warga yang menggunakan MRT bisa turun di stasiun Bundaran HI.

“Warga juga bisa menunggu iringan pawai di sepanjang Jalan MH Thamrin,” ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah Jakarnaval akan ada panggung hiburan di Monas pada pukul 19.00 WIB yang dimeriahkan oleh penampilan artis Ibukota antara lain Krisdayanti, Iwa K, Ada Band, Irma Darmawangsa, dan 3 Srigala.

“Penyelenggaraan Jakarnaval sebagai penanda Jakarta memiliki karnaval yang tidak kalah dengan kota-kota besar di dunia. Diharapkan Jakarnaval dapat memberikan hiburan bagi warga Jakarta dan meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara,” tandasnya. (hop)