Demo mahawiswa

Kastara.ID, Jakarta – Mahasiswa kembali akan menggelar aksi demo menolak RKUHP di depan gedung DPR/MPR RI pada hari Selasa (28/6). Pihak kepolisian telah menyiapkan personel untuk mengawal dan mengamankan aksi demo tersebut.

“Rencananya begitu ada (aksi demo). Ada beberapa elemen gabungan, tuntutannya terkait RKUHP. Besok ada dari BEM UI, UNJ, UKI, Fisip UI, termasuk blok politik pelajar,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) Kombes Pol Komarudin, Selasa (28/6).

Kapolres Jakpus menyebutkan, massa yang akan datang diperkirakan mencapai 1000-an peserta ke lokasi titik demo di depan gedung DPR.

“Perkiraan sekitar 500-1000. Iya satu (titik lokasi demo) aja di DPR. Mereka datang jam 11,” tambahnya.

Polisi telah memetakan kelompok mahasiswa yang akan mengikuti demo lantaran peserta yang datang tidak hanya dari Jakarta saja dengan maksud agar peserta yang datang bisa terdata.

“Sampai saat ini kita masih melakukan mapping di wilayah-wilayah karena yang akan gabung juga ada dari teman-teman mahasiswa dari Tangerang juga dan beberapa di luar Jakarta,” katanya.

Ia berharap aksi demo yang digelar bisa berjalan dengan tertib dan damai. Ia juga mengimbau untuk para peserta aksi demo untuk mengantisipasi penyusup saat aksi demo.

“Kami imbau bersama (untuk) menjaga (ketertiban). Jangan sampai aspirasi yang diusung dikotori oleh ulah oknum dari kelompok-kelompok lain yang akan bergabung. Kami harap kerja samanya untuk bersama-sama mengawasi karena yang tahu itu mereka-mereka juga siapa yang temannya atau bukan,” pungkasnya. (ant)