Kastara.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Ukraina yang merupakan negara yang sedang diinvasi Rusia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi menjelaskan, Presiden akan melakukan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia.

Namun demikian, dalam press briefing yang disampaikan melalui video dari Kota Munich, Menlu Retno tidak merinci melalui jalur apa kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina.

Dirinya juga tidak merinci lokasi kunjungan Presiden Jokowi.

“Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia,” ujar Retno dalam press briefing yang disampaikan Kemenlu Indonesia, Selasa (28/6).

Menlu Retno melanjutkan, Presiden Jokowi telah selesai melakukan rangkaian pertemuan dalam rangka KTT G7 and Partner Countries yang digelar di Elmau, sekitar 113 km dari Munchen.

“Dalam KTT kali ini, G7 mengundang Indonesia, India, Senegal, Afrika Selatan, dan Argentina sebagai partner countries,” ungkap Retno.

Adapun pemimpin Indonesia, lanjut Retno, telah menghadiri dua sesi pertemuan. Sesi pertama, dilakukan dalam bentuk working lunch, di mana statement Jokowi difokuskan terhadap isu energi.

Dan, sesi kedua, working session, di mana Presiden memfokuskan statement pada isu pangan. (ant)