JakLingko

Kastara.ID, Jakarta – PT JakLingko Indonesia melakukan terobosan dengan berpartisipasi sebagai penyedia dan pengelola tiket event dalam perhelatan malam puncak HUT Kota Jakarta atau Jakarta Hajatan ke-495. Sebagai bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta kepada masyarakat, seluruh tiket tersebut gratis dan dapat diperoleh melalui platform aplikasi JakLingko.

Penjualan tiket yang berlangsung sejak Kamis (23/6) dengan total kuota 20.000 untuk berbagai unsur lapisan masyarakat disambut antusiasme yang sangat tinggi. Ini dibuktikan, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam penjualan tiket habis terjual. Tiket event yang diperoleh berupa QR code yang tertera di aplikasi digital JakLingko, harus ditukarkan dengan gelang sesuai dengan zona, yang telah ditentukan waktu penukarannya. Hal ini untuk mengurangi potensi kerumunan.

Dalam sambutannya pada malam puncak yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6) lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi aplikasi JakLingko sebagai superapps yang memiliki banyak manfaat dan merupakan bagian dari implementasi integrasi dan kolaborasi.

“Jadi semua yang datang ke sini, ambil tiketnya dari Aplikasi JakLingko. Ini adalah satu superapps baru, yang nantinya akan digunakan untuk seluruh transportasi di Jakarta. Dari mau pergi ke mana saja, rute apa, kendaraannya apa, pindahnya di mana, jaraknya berapa lama, semua dalam satu aplikasi. Kereta api, MRT, bus, angkot, bahkan Grab ikut di situ. Mau masuk mana saja, tiketnya lewat aplikasi JakLingko,” ungkap Anies di Jakarta International Stadium (27/6).

Selain digunakan untuk membeli tiket pada empat moda transportasi (MRT, LRT, Transjakarta, dan Commuterline) hingga tambahan fitur baru bergabungnya platform transportasi online (Grab), aplikasi JakLingko juga menjadi alternatif media pembayaran lain seperti BPJS kesehatan, listrik, dan pulsa telepon seluler. Terbaru di segmen leisure and entertainment, aplikasi JakLingko juga menyediakan tiket event seperti tiket pada malam puncak HUT ke-495 Kota Jakarta di JIS.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna Aplikasi Digital JakLingko. Pengembangan aplikasi tidak hanya fokus melayani sektor transportasi melainkan kebutuhan masyarakat perkotaan yang umumnya memiliki mobilitas tinggi dan kebutuhan yang beragam setiap harinya.

“Kami terus melakukan penyempurnaan Aplikasi JakLingko untuk menjawab berbagai tantangan kebutuhan masyarakat. Transportasi menjadi fokus utama, namun fitur-fitur terbaru yang terdapat pada aplikasi diharapkan memudahkan masyarakat beraktivitas karena semakin praktis melalui satu aplikasi di genggaman. Termasuk tiket untuk memasuki lokasi wisata nantinya atau tiket konser seperti di JIS. Kami mengundang penyelenggara event dan fasilitas umum lainnya untuk lebih banyak lagi bergabung dalam ekosistem ticketing digital JakLingko. Kelebihan yang kami tawarkan aplikasi ticketing event kami sudah terintegrasi dengan angkutan umum menuju dan dari lokasi event,” jelas Kamal.

Sebelumnya, PT JakLingko Indonesia melakukan aktivasi Aplikasi JakLingko yang bertempat di Jakarta Fair Kemayoran pada Kamis (23/6) dan dengan sambutan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Dalam sambutannya, Ariza mengapresiasi kinerja PT JakLingko Indonesia yang kini memasuki fase kedua yakni ‘mobility as a service‘ sebagai perwujudan integrasi sistem transportasi untuk kemudahan warga Jakarta. (hop)