Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta menggelar sosialisasi monitoring dan evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2022 secara daring, Kamis (28/7).

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat mengatakan, sosialisasi Monev KIP tahun 2022 bertujuan membantu badan publik bekerja secara profesional yakni berkomitmen terhadap transparansi.

“Di tengah kondisi pandemi COVID-19, KI DKI Jakarta tetap berkomitmen melaksanakan monitoring evaluasi dengan segala keterbatasan, namun akan berusaha sebaik baiknya,” ujar Harry Ara Hutabarat, dalam kegiatan tersebut.

Ia mengungkapkan, pada Monev KIP tahun 2021, pihaknya menganugerahkan atau memberikan reward kepada badan publik yang telah menunaikan tugas secara informatif.

“Monev bukan perlombaan atau kompetisi untuk meraih penghargaan, namun momentum untuk memastikan apakah badan publik sudah patuh menunaikan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Ia menegaskan, berdasarkan rapat pleno KI DKI Jakarta tahun 2022, seluruh badan publik di Provinsi DKI Jakarta yang mengikuti Monev KIP akan mendapatkan rekomendasi, tidak hanya yang terbaik, informasi atau klasifikasi apapun.

Ketua Pelaksana Monev KIP Provinsi DKI Jakarta tahun 2022, Nevia Gustina memaparkan, kegiatan Monev diperkirakan berjalan selama empat hingga lima bulan ke depan yang nantinya pada November 2022 akan diserahkan penghargaan kepada badan publik terbaik dan inovatif.

“Dasar hukum Monev ini sesuai amanat UU Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP dan Pergub Nomor 175 Tahun 2016 tentang Layanan Informasi Publik,” ucapnya.

Ia menambahkan, KI DKI Jakarta memegang teguh empat prinsip dalam pelaksanaan Monev KIP yakni partisipatif, berkelanjutan, objektif dan akuntabel.

“Tujuan Monev KIP untuk mengetahui kepatuhan badan publik melaksanakan peraturan terkait layanan keterbukaan informasi kepada publik, mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahan yang timbul, pengembangan sistem informasi dari badan publik serta pemberian apresiasi kepada badan publik terbaik dan inovatif,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan Monev KIP tahun 2022 terdapat sebanyak 16 kategori yang diikuti 163 badan publik. (hop)