TAMPPAN
Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membuka kegiatan Sosialisasi Taruna Mendampingi Pemulihan Penyalahguna Narkoba (TAMPPAN) dengan tema “Mari Membangun Kebersamaan Untuk Menyelamatkan Anak Kita dari Bahaya Narkoba” di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (28/7).

Kegiatan ini merupakan komitmen untuk membuat para pemuda, pelajar, dan mahasiswa, khususnya di Jakarta Utara, terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Wagub Ariza yang juga Ketua Dewan Pembina TAMPPAN mengatakan, pemerintah mempunyai keterbatasan. Pencegahan dan pendampingan penyalahguna narkoba adalah tugas bersama. Peran para orang tua dan guru sangat penting untuk memastikan anak-anak terhindar dari penyalahgunaan narkoba. TAMPPAN, sambungnya, patut berbangga karena telah mengambil peran aktif untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Jakarta kota yang besar dan tugas kita ini bukan hanya pemberantasan pemakainya,  tetapi juga pengedarnya. Kalau remaja sudah pakai, nanti terus, sampai yang tua. Anak-anak kita ini harus kita awasi, kita jaga. Kita harus memagari, kita dekat secara emosional. Ini penting sekali,” jelas Wagub Ariza.

Sementara Ketua Umum TAMPPAN, Marwan Idris menambahkan, para pelaku penyalahguna narkoba melakukan serangan dengan cara yang sangat strategis dan terorganisir.

“TAMPPAN hadir untuk memberikan jawaban bahwa masih banyak masyarakat yang menolak narkoba. Kita harus berhasil melakukan pencegahan dini penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut diikuti 200 peserta yang terdiri dari kepala SMA dan Madrasah Aliyah se-Jakarta Utara. Adapun dasar pelaksanaan kegiatan itu salah satunya adalah UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (hop)