Beranda Headline Berita Kebutuhan Air Bersih Ibukota Baru Dipastikan Aman

Kebutuhan Air Bersih Ibukota Baru Dipastikan Aman

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor memastikan ibukota baru yang berada di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara tidak akan kekurangan air. Pasalnya Kalimantan Timur dikenal memliki beberapa sumber air bersih yang bisa digunakan oleh ibukota baru.

Bahkan menurut Isran, salah satu pertimbangan dipilihnya antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai lokasi ibukota adalah permasalahan pasokan air bersih. Isran menambahkan PT International Timber Corporation Indonesia (ITCI) Kartika Utama telah siap mengelola air bersih untuk ibukota baru. PT ICTI Kartika Utama diketahui adalah perusahaan milik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Isran menajelaskan, PT ICTI Kartika Utama akan menyalurkan dan mengelola pasokan air bersih yang berasal dari salah satu danau yang berada tak jauh dari Kota Balikpapan. PT ICTI Kartika Utama mampu memasok air bersih hingga enam ribu liter per detik.

Isan juga membantah ibukota baru rawan bencana banjir. Pasalnya kedua kabupaten tersebut berlokasi di wilayah yang cukup tinggi, sekitar 55 meter dari permukaan laut. Sehingga dipastikan aman dari luapan air.

Keikutsertaan PT ICTI Kartika Utama dalam pembangunan ibukota baru semakin menguatkan kabar adanya kesepakatan antara Jokowi dan Prabowo. Sebelumnya juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjutak mengakui mantan calon presiden itu memiliki sejumlah lahan di lokasi ibukota baru.

Sementara itu Staf Khusus Presiden Adita Irawati membantah adanya deal-deal antara Jokowi dan Prabowo. Adita memastikan tuduhan tersebut ngawur sekali. Menurutnya pemilihan kedua kabupaten tersebut adalah hasil kajian pemerintah. (rya)

- Advertisement -

TERBARU

PAN: Stafsus Penggemukan Birokrasi, Fahri Hamzah: Etalase Digital

Kastara.ID, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menyebut pengangkatan jajaran staf khusus (stafsus) presiden Joko Widodo (Jokowi)...