MotoGP 2022

Kastara.ID, Jakarta – Jadwal sementara untuk Tes Pramusim untuk MotoGP musim 2022 mendatang sudah dapat diumumkan, serta tanggal sementara yang diusulkan untuk Grand Prix pertama musim 2022.

Kelas MotoGP akan menjalani dua tes di awal tahun 2022, ditambah satu lagi Shakedown Test di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, yang hanya untuk pembalap penguji pabrikan dan pembalap rookie.

Tes kedua akan berlangsung di Mandalika International Street Circuit yang baru dibangun di Lombok Tengah, Indonesia.

Jadwal Sementara Tes Pramusim MotoGP 2022
Kelas MotoGP (Sepang, Malaysia dan Mandalika, Indonesia)
– Tes Shakedown: 31 Januari – 2 Februari
– Tes Sepang: 5 – 6 Februari
– Tes Mandalika: 11 – 13 Februari

Set-up berlangsung pada dua hari sebelum tes MotoGP.

Kelas Moto2 dan Moto3 (Jerez, Spanyol)
– Tes Jerez: 22 – 24 Februari

Set-up dilakukan pada hari sebelum tes Moto2 dan Moto3.

Penyelenggara balapan Dorna Sports juga mengumumkan tanggal sementara yang akan diusulkan kepada FIM untuk seri pembuka MotoGP musim MotoGP 2022.

Grand Prix Qatar secara tentatif akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 Maret, dengan musim 2022 sekali lagi akan dimulai di bawah lampu sorot yang menakjubkan dari Sirkuit Internasional Losail.

Artinya, tahun depan akan jadwal seri pembuka agak maju dari biasanya, digeser ke awal bulan ke-3, yang biasanya digelar di akhir bulan ke-3.

Sementara tes di Mandalika akan menjadi salah satu tes paling dinantikan, karena ini sirkuit yang sangat baru untuk semua pembalap.

Untuk saat ini, Mandalika masih berusaha keras membangun seluruh fasilitas pendukung sirkuit, dengan sesi Homologasi akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Untuk balapan pertama rencananya akan diadakan pada bulan November nanti, yakni Grand Final Superbike.

Sementara untuk MotoGP, baru akan dipakai balapan mulai kalender balap tahun depan, kemungkinan masuk dalam seri-seri awal bersama Thailand. (tra)