Sapma Pemuda Pancasila

Kastara.id, Pekanbaru – Ketua DPD RI Oesman Sapta membuka Rakerna I Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila di Pekanbaru, Riau, Kamis (28/9), sekaligus memberikan pemahaman Pancasila kepada Sapma Pemuda Pancasila.

Oesman Sapta mengatakan bahwa generasi muda harus cinta kepada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang harus berada dalam hati nurani generasi muda. “Sapma Pemuda Pancasila harus ditanamkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya di hadapan ratusan Sapma Pemuda Pancasila di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru.

Oesman Sapta juga menganjurkan kepada setiap orang tua menanamkan cinta kepada Pancasila. “Dengan begitu generasi muda kita tetap mencintai negara tercinta kita Indonesia,” katanya.

Menurutnya, Sapma Pemuda Pancasila harus mengedepankan Pancasila. Apalagi, organisasi masyarakat (ormas) ini menggunakan kata Pancasila. “Maka Sapma harus mengedepankan Pancasila. Tak hanya itu, ormas lain belum tentu mengedepankan Pancasila,” kata Oesman Sapta.

Di sisi lain, Oesman Sapta menceritakan bahwa masa mudanya ‘nakal’ tapi tidak pernah menggunakan narkoba. Nakal dalam dirinya harus menggunakan akal. “Narkoba itu justru membuat kita menjadi bodoh. Jika kita menggunakan narkoba, selesai Pancasila kita,” ujar senator asal Kalimantan Barat itu.

Oesman Sapta juga kembali menginggatkan agar menjauhi narkoba. Jangan pernah sekali-sekali mencoba ‘narkoba’. “Karena narkoba itu bentuk intervensi negara asing agar generasi kita bodoh,” ujar Oesman Sapta. (npm)