Bekraf

Kastara.ID, Jakarta – Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf akan membangun distrik kreatif atau Bekraf Creative District (BCD), sebuah kota baru yang berbasis ekonomi kreatif pada 2020. Distrik tersebut diperuntukkan bagi para pelaku industri kreatif dan keluarganya.

Menurut Kepala Bekraf Triawan Munaf, dengan adanya distrik tersebut, maka para pelaku industri kreatif bisa fokus mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Semua fasilitas penunjang pengembangan industri kreatif akan disediakan di kawasan tersebut.

“Bekraf Creatif District atau BCD itu bisa jadi tempat yang jadi model ekonomi kreatif itu diterapkan. Ada insentif, ada fasilitas untuk keluarga dan para pencipta, semuanya ada di sana. Itu kota baru jadi untuk core ekonomi kreatif,” kata Triawan di Jakarta (27/9).

Bekraf dan Bappenas tengah merancang desain spesifik wilayahnya, termasuk lokasi dan kebutuhan anggaran. Kawasan khusus ekonomi kreatif itu akan berada di Pulau Jawa. Pembangunannya akan berasal dari alokasi 10 persen anggaran pemerintah pusat.

Pembangunan BCD dijadwalkan mulai dilakukan pada 2020. Dengan kebutuhan luas wilayahnya kurang dari 5.000 ha yang rencananya tersebar, tidak hanya di satu tempat. (put)