Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC)

Persija Jakarta  sangat berpeluang mendapatkan lisensi klub profesional dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Adanya peluang tersebut membuat pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra menaruh harapan besar agar tim Macan Kemayoran bisa berkompetisi di Asia pada musim depan.

Persija menjadi satu dari tiga tim dari Indonesia yang berpeluang mendapatkan lisensi itu setelah mereka melengkapi kriteria dalam waktu tiga bulan. Saat ini, baru Arema FC dan Persib Bandung yang dipastikan sudah mendapat lisensi. Arema dan Persib telah melengkapi kriteria sesuai batas waktu dan berpeluang tampil di kompetisi Asia. Seperti diketahui, sejumlah tim di enam besar yang tidak lolos verifikasi, di antaranya Bhayangkara FC, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Indonesia mendapat jatah tiga klub untuk berlaga di kompetesi Asia. Saat ini Persija berada di peringkat enam, lebih baik dibandingkan Arema dan Persib. Seperti halnya Persija, Bali United dan Madura United yang berada di atas mereka juga diminta untuk melengkapi kriteria.

“Lisensi ini seperti bonus untuk Persija. Kalau kami bertahan di posisi kelima ataupun keenam, tahun depan bisa bermain di AFC (kompotisi Asia),” ujar Teco seperti dilansir laman resmi klub.

“Kami semua pasti ingin bermain di kasta tertinggi. Persija tahun ini punya 52 poin. Kami punya target bisa menang atau dua menang dan satu seri. Dengan begitu, kami bisa selesai dengan 61 atau 59 poin. Hasil seperti ini bagus dan buat saya merasa puas karena lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungcas Teco. (tri)