Generasi Milenial

Kastara.id, Jakarta – Kaum milenial menjadi tonggak penting bangsa Indonesia. Di era modern ini, generasi milenial diajak untuk ikut memperbaiki reformasi birokrasi.

“Kita harapkan kaum milenial bisa memberikan konstribusi besar kepada bangsa Indonesia terutama SDM aparatur yang akan menggawangi seluruh roda pemerintahan baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin dalam Milenial Fest 2018 bertajuk #LayaniGenerasiKita di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu (28/10).

Menteri Syafruddin mengatakan, pemerintah mengajak kalangan milenial untuk bergabung dalam birokrasi, dengan menjadi aparatur sipil negara (ASN). Para pemuda diajak untuk menjalankan mesin birokrasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan segenap kemampuan terbaiknya.

Lanjutnya dijelaskan, saat ini pemerintah melakukan rekrutmen CPNS dengan membuka 238.015 formasi yang terdiri atas 51.271 formasi untuk 76 K/L dan 186.744 formasi untuk 525 pemerintah daerah. Melalui seleksi CPNS kali ini, pemerintah berharap mendapatkan putra-putri terbaik bangsa.

Menurut Syrafruddin, inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta dengan daya juang yang kuat, membuat birokrat milenial mumpuni dalam menjalankan peran dan terdepan dalam menjawab tantangan yang hadir di dunia. “Dengan generasi milenial yang inovatif sebagai human capital birokrasi, kita tidak akan kalah cepat dan inovatif dengan para pelaku usaha,” ujarnya. (put)