MotoGP Australia 2018(twitter.com/motogp)

Kastara.id, Phillip Island – Balapan MotoGP Australia baru saja berjalan enam lap, tapi drama yang nyaris fatal langsung terjadi. Kali ini melibatkan pembalap tim satelit Monster Yamaha Tech3 Johann Zarco dengan juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez dari tim Repsol Honda.

Keduanya terlibat kontak di penghujung lintasan lurus ketika balapan masih meyisahkan 22 lap lagi.

Dalam tayangan ulang, terlihat Zarco yang mencoba menyalip Marquez di lintasan lurus “start/finish” berada di sisi luar sirkuit. Sedangkan Marquez berada di sisi dalam. Keduanya sempat sejajar sebelum bersiap memasuki Tikungan 1 Sirkuit Phillip Island.

Marquez yang berada di depan Zarco mencoba bergeser ke sisi kiri dan tetap di depan Zarco. Namun pergeseran yang tepat di titik pengereman, membuat Zarco tak bisa menghindar dan menghantam badian belakang motor Marquez.

Zarco pun langsung jatuh terpental. Beruntung dirinya tak mengalami cedera berat, sementara Marquez berhasil mengendalikan motornya agak tidak terjauh. Marquez juga sempat menengok ke belakang dan melihat kondisi buritan motornya.

Namun akhirnya pembalap Spanyol itu harus kehilangan banyak posisi dan memilih untuk meninggalkan balapan, menuju paddock dengan motor yang sudah rusak.

Kedua pembalap dipastikan tak mendapat poin di Phillip Island ini karena sama-sama gagal finis. (dwi)