COVID-19

Kastara.ID, Depok – Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Depok terus menunjukkan perbaikan. Dua pekan berlalu, Kota Sejuta Maulid ini masih bertahan di zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok.

Penetapan zonasi kota tersebut berdasarkan indikator Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per tanggal 24 Oktober 2021. Sesuai data tersebut, Kota Depok memiliki skor 2.72 dari sebelumnya 2.75 pada 17 Oktober lalu.

Selain Kota Depok, terdapat juga kabupaten dan kota lain di Jabodetabek yang sudah berada di zona kuning Covid-19. Antara lain Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Masyarakat dapat memantau zonasi kota tersebut secara mandiri melaluiĀ https://data.covid19.go.id/. Untuk info terkini Covid-19 di Kota Depok dapat dilihat melaluiĀ https://ccc-19.depok.go.id/.

Dalam upaya menekan seluruh kasus Covid-19, Pemkot Depok mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) 6M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman saat beraktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Selain itu, Pemkot Depok juga meminta masyarakat untuk menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup. (dha)