Sumpah Pemuda

Kastara.ID, Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD mengucapkan selamat memperingati hari Sumpah Pemuda, yang jatuh hari ini Kamis (28/10).

Mahfud MD menuturkan tekad pemuda pemudi mampu meruntuhkan gunung.

Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober. Hebatnya pemuda atau pemudi Indonesia ketika bersumpah untuk bersatu pada 28 Oktober 1928 bisa digambarkan dalam adagium Bahasa Arab, ‘Himmaturrijaal tahdimul jibaal’, cita-cita dan tekad pemuda dan pemudi bisa meruntuhkan gunung,” tweet Mahfud dalam akun Twitter resminya, Kamis (28/10).

Mahfud MD melanjutkan, sebagai bukti 3,5 abad dalam cengkeraman penjajah.

Tetapi, usai pemuda dan pemudi membangun tonggak perjuangan bisa benar-benar merdeka.

Buktinya, sampai 3,5 abad kita dicengkeram oleh penjajahan bangsa asing. Tapi setelah para pemuda/pemudi membangun tonggak perjuangan dengan sumpah, ‘berbangsa, bertanah air, dan berbahasa satu yakni Indonesia’ hanya butuh 17 tahun (1928-1945), kemudian Indonesia benar-benar merdeka,” tulis Mahfud MD menambahkan.

Sekadar informasi, para pemuda Indonesia dari berbagai suku menggelar Kongres Pemuda II di Jalan Kramat Raya, pada 28 Oktober 1928. Ketika itu disetujui trilogi satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, yang dirumuskan menjadi sumpah. (ant)