Performa Toyota New Limo Eks Blue Bird Layak Jadi Pilihan

Toyota New Limo

Kastara.id, Jakarta – Dalam memberikan pelayanan yang optimal, perusahaan taksi terbesar Blue Bird selalu melakukan peremajaan pada unit kendaraan operasionalnya yang sudah memasuki usia 5 tahun. Kendaraan operasional tersebut performanya masih mampu diandalkan. Apalagi jika menilik prosedur perawatan berkala yang terbilang ketat yang selama ini dijalankan Blue Bird. Tak heran jika Toyota New Limo eks Blue Bird menjadi salah satu acuan mobil second hand yang layak jadi pilihan.

Redaksi Kastara.ID pun mencoba membuktikan sekaligus menjajal performa Toyota New Limo langsung dari pool sekaligus kantor pusat Blue Bird di Warung Buncit, Jakarta Selatan. Bayangan wujud taksi Blue Bird dengan warna khas biru metaliknya langsung sirna ketika tim redaksi disodorkan unit Toyota New Limo berkelir merah.

Toyota New Limo

Tampilan eksteriornya yang kinclong, membuat kami makin semangat untuk segera mendekatinya. Kondisi sekujur bodi mobil yang telah dicat ulang, tampak rapi layaknya mobil baru. Warna spion dan handle pintu juga sudah senada dengan bodi. Velg racing-nya mendongkrak tampilannya semakin berkelas.

Kastara.ID mencoba menilik interiornya. Semua detail sudah rapi, termasuk door trim yang masih dalam kondisi standar. Indikator pada dashboard juga berfungsi normal dan mudah dibaca. Namun jika dirasa ingin meningkatkan tampilan interior, tinggal membenahi sesuai dengan selera.

Usai melihat kondisi eksterior dan interior, tiba saatnya tim Kastara.ID merasakan langsung dari balik kemudi. Hal ini sekaligus untuk membuktikan kondisi kendaraan yang memang laik jual dengan performa yang masih mumpuni. Dengan mengatur posisi jok pengendara dan kemudi, impresi kenyamanan mulai terasa. Tuas sein, wiper, dan juga persneling mudah dijangkau, termasuk pedal gas, rem, dan kopling. Begitu pula dengan pengaturan posisi spion yang menunjang kenyamanan berkendara dengan kemudahan memperhatikan kondisi di sekitarnya.

Toyota New Limo

Impresi awal yang didapat ternyata sesuai dengan ekspektasi. Artinya, sebagai kendaraan eks taksi Blue Bird, kondisinya masih sangat layak pakai dan nyaman untuk dikendarai. Bahkan untuk mobil second hand sekelasnya, tak berlebihan jika kami menyebut Toyota New Limo eks Blue Bird boleh diadu soal kenyamanannya.

Nah, kalau soal performa, sesi test drive menjadi salah satu kunci untuk membuktikannya. Sesi test drive akan memperlihatkan sejauh mana kemampuan akselerasi, deselerasi (pengereman), manuver, hingga kemampuan pengendalian dalam kondisi tertentu. Untuk itu, Kastara.ID sepakat untuk mengujinya dengan menjajal rute melalui tol Jagorawi.

Dengan kondisi jalan tol yang lengang, membuat tim Kastara.ID agak leluasa menjajal akselerasi Toyota New Limo eks Blue Bird. Penulis yang langsung duduk di jok pengendara, merasakan betul akselerasi yang responsif dan halus dalam perpindahan percepatan. Transmisi manualnya terbilang mudah dioperasikan dan tak ada kendala sama sekali. Demikian pula dengan kestabilan laju kendaraan dalam kecepatan 80 km/jam layak diacungi jempol. Tak hanya pengendara, penumpang di samping pengendara dan juga di belakang ikut merasakan performa dan kenyamanannya.

Toyota New Limo

Pengujian selanjutnya dilakukan dengan menempuh jalur menuju kawasan Puncak, Bogor. Selepas keluar tol Jagorawi, kami langsung menghadapi kondisi jalan yang menanjak. Akselerasi Toyota New Limo yang disokong mesin berkapasitas 1500 cc tetap terasa responsif termasuk saat bermanuver pada jalan yang menurun serta berkelok cukup tajam. Performa mesinnya pun masih sangat mumpuni untuk menyalip kendaraan lain. Kondisi jalan yang menanjak juga tak menjadi kendala berarti untuk menikmati perjalanan. Hal ini sekaligus membuktikan kinerja suspensi pada keempat rodanya berfungsi optimal. Tak ada efek understeer yang terasa, bahkan pengeremannya pun terbilang handal dengan daya cengkeram yang mantap.

Hujan yang tiba-tiba turun cukup deras, justru dimanfaatkan sebagai bonus sesi test drive. Kondisi AC yang sejuk ikut membantu kenyamanan berkendara. Demikian pula dengan fungsi wiper yang mampu menyapu air hujan di kaca depan dengan sempurna, membuat pandangan pengendara dan juga penumpang tetap leluasa.

Dengan beragam kondisi jalan dan cuaca yang dihadapi saat test drive Toyota New Limo eks Blue Bird, tak terasa bahwa tim Kastara.ID sesungguhnya sedang menjajal kemampuan mobil eks taksi yang sudah berusia lima tahun. Unit berkelir merah ini memang telah siap dilepas kepada konsumen dengan harga yang terjangkau.

Menariknya, setelah merasakan langsung performa dan kenyamanannya, rasanya tak lagi ada keraguan untuk menahbiskannya sebagai salah satu kendaraan second hand yang memang layak jadi pilihan. Tak hanya performa dan kenyamanan, Toyota New Limo eks Blue Bird juga hemat bahan bakar.

Dengan bekal service history secara berkala, menjadikan Toyota New Limo memiliki nilai lebih dibandingkan kendaraan second hand sekelasnya, bahkan mampu bersaing dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC). Terutama dari sisi harga, performa, tampilan, dan juga konsumsi bahan bakar, termasuk layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang dalam jaringan Toyota di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, sebelum dipasarkan kembali kepada konsumen umum, setiap unit Toyota New Limo eks Blue Bird harus melalui beberapa tahapan hingga dipastikan kelayakannya untuk dijual kembali. Mulai dari pelepasaan seluruh atribut taksi dan perubahan warna sesuai dengan keinginan. Juga dengan proses pengecekan kondisi mesin dengan menggunakan peralatan khusus sesuai dengan standar, hingga mengembalikan kondisi interior kendaraan sesuai dengan kondisi standarnya.

Sebagai mobil bekas (second hand), Blue Bird secara serius melakukan perawatan secara berkala untuk memastikan setiap unitnya tetap dalam kondisi prima, termasuk performa dan konsumsi bahan bakarnya. Dengan begitu, semua unit Toyota New Limo eks Blue Bird siap dilepas dengan beberapa level mulai harga standar yang terjangkau hingga unit Toyota New Limo yang sudah di-upgrade. Konsumen yang berminat bisa langsung menghubungi atau mendatangi Blue Bird used car di pool terdekat. (koes/dwi)