Hari Guru Nasional

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengharapkan momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 November, mampu meningkatkan profesionalisme guru. Dengan begitu, dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kota Depok.

“Posisi guru ini sentral. Untuk itu, peningkatan profesionalisme dan peran strategis guru, serta tenaga kependidikan sangat berdampak pada kehidupan bangsa dan negara yaitu para generasi penerus,” kata Mohammad Idris.

Idris menyampaikan hal itu usai upacara peringatan Hari Guru Nasional yang dirangkai dengan HUT ke-73 PGRI di lapangan Balai Kota Depok, Rabu (28/11).

“Sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, ciri guru profesional yang harus dimiliki adalah guru yang memiliki kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik,” ujar Wali Kota Depok.

Menurutnya, seorang guru yang profesional harus mampu membangun bersama rekan-rekan sejawat guru, guru terus belajar mengembangkan diri, dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju pertumbuhan zaman.

HGN 2018, lanjut Wali Kota, menjadi semangat untuk terus membangun peradaban bangsa. Hal itu agar Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, dan berkarakter, serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan global.

“Diharapkan juga peningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kedudukan dan peran strategis guru, serta tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa,” paparnya. (rud)