Papua

Kastara.ID, Jayapura – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua (27/11) untuk meninjau kesiapsiagaan rencana operasi Kodam jelang HUT OPM yang jatuh pada 1 Desember 2019 mendatang.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman dalam rilis yang diterima mengatakan, tujuan utama kunjungan Hadi kali ini adalah meninjau secara langsung kemajuan kegiatan rehabilitasi sarana dan prasarana umum pascakerusuhan Wamena, September 2019 lalu.

Diketahui, kunjungan kali ini dimanfaatkan Panglima TNI untuk melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat dan bertatap muka dengan para prajurit yang sedang bertugas di perbatasan.

Hadi juga dijadwalkan meninjau Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) untuk menguji Rencana Operasi (RO) Kotamaops Kodam XVII/Cenderawasih, Kodam XVIII/Kasuari, Koarmada III dan Koopsau III, di bawah Komando Pengendalian Operasi Pangkogabwilhan III.

Sebelumnya Polri melarang masyarakat Papua melakukan perayaan jelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM). Meski demikian, Asep mengatakan hingga kini belum ada pengamanan khusus yang akan dilakukan dan situasi di Papua dinyatakan masih kondusif. (yan)