GrabShare

Kastara.id, Jakarta – Grab menghadirkan layanan carpool komersialnya yaitu GrabShare di Jawa Timur, tepatnya Surabaya dengan tujuan agar warga kota Pahlawan ini dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dengan tarif yang lebih terjangkau, dan mitra pengemudi juga memperoleh pendapatan lebih besar dengan menerima dua pemesanan penumpang dalam satu perjalanan.

GrabShare di kota Surabaya adalah layanan transportasi ke-3 setelah Jakarta dan Medan di mana peluncurannya didorong oleh tingginya tingkat kemacetan di ibu kota Jawa Timur ini selain untuk melengkapi layanan GrabCar (pemesanan mobil) dan GrabBike (pemesanan motor) yang telah tersedia.

GrabShare memungkinkan maksimal dua pemesanan penumpang yang memiliki rute searah dan hanya memperbolehkan maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan dan Layanan carpool ini untuk tarif perjalanan yang lebih hemat hingga 50% dari tarif GrabCar. GrabShare hadir di kota Surabaya untuk menekan jumlah komuter yang melakukan perjalanan seorang diri, di mana banyak mobil yang sering kali hanya membawa satu orang penumpang melintasi jalan-jalan di seputaran kota Surabaya.

“Dengan layanan ini, kami berharap dapat mengoptimalkan penggunaan mobil guna mengatasi kemacetan seraya melayani kebutuhan transportasi warga Surabaya dengan layanan yang kian inovatif dan kaya manfaat,” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia.

GrabShare hanya memperbolehkan maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan, di mana hal ini memungkinkan penumpang mencapai lokasi tujuannya dengan segera namun tetap merasa nyaman sepanjang perjalanan. Sebelum sampai di tujuan, penumpang hanya akan menempuh paling banyak dua titik pemberhentian. Sebagai contoh, jika penumpang A memulai perjalanannya dan dipasangkan dengan penumpang B sesuai dengan rute yang paling efisien, maka penumpang A hanya akan berhenti dua kali untuk menjemput dan mengantarkan penumpang B.

Dirancang di tiga pusat R&D Grab di Singapura, Seattle, dan Beijing, algoritma sistem pencocokan GrabShare menjamin penumpang mencapai lokasi tujuan dalam waktu sesingkat mungkin. Algoritma berperan dalam menghitung dan menentukan pencocokan dengan mempertimbangkan ketersediaan mitra pengemudi yang berada dalam jarak terdekat, waktu perjalanan, rute perjalanan yang saling berkaitan, jarak perjalanan memutar, dan kondisi lalu lintas terkini sebelum mengurutkan lokasi penjemputan dan pengantaran.

Bagi mitra pengemudi, GrabShare difokuskan untuk memaksimalkan potensi pendapatan dengan menekan waktu dan jarak yang ditempuh dalam satu perjalanan, sehingga memungkinkan mitra pengemudi untuk menerima lebih banyak pemesanan per jam dan meningkatkan pendapatannya seraya mengurangi konsumsi bahan bakar. (koes)