Kastara.id, Jakarta – PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan TelkomSigma meluncurkan digitalisasi layanan pembayaran pensiun dengan menerbitkan kartu pintar (smart card).

Kerja sama ini untuk memenuhi target pembayaran pensiun sesuai prinsip 5T, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat, dan Tepat Administrasi, “Kami memperkenalkan terobosan TI (Teknologi Informasi) yang ada dalam rangka meningkatkan layanan,” kata Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (28/1).

Iqbal juga berujar bahwa dengan pemanfaatan teknologi ini dipastikan akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pembayaran kepada pensiunan. Selain itu juga mempercepat layanan dan dipastikan dana pensiunan akan memenuhi unsur 5 T (Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat, dan Tepat Administrasi) serta meminimalisir terjadinya fraud.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan keakuratan pembayaran pensiun dengan menggunakan sistem biometrik untuk otentikasi dapat dijadikan sebagai bentuk proof of life (pembuktian penerima pensiun masih hidup) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile yang dapat diinstall pada smartphone penerima pensiun atau Mitra Bayar.

“Pensiunan nantinya dapat melakukan otentikasi secara mandiri secara online dengan menggunakan sistem biometrik yang dapat dilakukan setelah pensiunan mendaftarkan diri untuk perekaman sidik jari, wajah, dan suara. Proses perekaman dimulai pada bulan April 2018,” katanya.

Di era digital ini, lanjut Iqbal, sinergi BUMN antara Taspen dan Telkom serta dengan Mitra Bayar pensiun menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan peserta.

“Taspen bersama dengan Telkom dan para Mitra Bayar bersama-sama wajib dan aktif mensosialisasikan enrollment terhadap para penerima pensiun, instansi pemerintah pusat dan daerah, serta organisasi pensiunan. Semakin aktif dan banyak peserta yang terdaftar, maka akan semakin mudah dalam monitoring dan reporting pembayaran pensiun, khususnya juga peserta dapat segera menikmati kemudahan dalam melakukan self authentication melalui aplikasi smartphone-nya,” pungkasnya. (nad)