Kastara.ID, Vilnius – KBRI Kopenhagen pada hari kedua penyelenggaraan Adventur 2019 telah menyelenggarakan Table-Top Meeting (TTM) di Hall 5.5 Lithuanian Exhibition and Congress Centre (Litexpo). Event tersebut diikuti hampir 100 orang pengunjung umum dan juga perwakilan Travel Agent/Travel Operator (TA/TO) dari Lithuania dan negara Baltik lainnya, serta WNI dan diaspora Indonesia di Lithuania.

“Indonesia menawarkan obyek pariwisata yang sangat beragam, dengan 10 daerah tujuan wisata baru yang tersebar dari Barat ke Timur Indonesia,” ujar Dubes RI. Dubes RI mengundang masyarakat Lithuania untuk berkunjung ke Indonesia guna meningkatkan people-to-people contact serta menciptakan pemahaman yang lebih baik antara masyarakat kedua negara.

Pada kesempatan itu, TO dari Indonesia, Be Wish, menyampaikan presentasi mengenai keunikan Bali sebagai daerah tujuan wisata utama Indonesia yang telah banyak dikenal masyarakat dunia, namun tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Lithuania yang menyukai kombinasi wisata alam dan budaya. Sementara perwakilan TO Asienparadisresor, memberikan fokus pada daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia yang juga menawarkan kekhasan dan keindahannya sendiri.

Seperti pada kegiatan promosi lainnya, KBRI Kopenhagen juga menampilkan pertunjukan budaya, yaitu tari Puspanjali, dan menyajikan beragam kuliner Indonesia berupa Rendang Daging, Ayam Kalio, Dendeng Balado, Tahu Telor, Udang Goreng Serundeng, dan Wedang Secang yang sangat diminati oleh para pengunjung.

Diakui oleh seluruh peserta yang hadir bahwa kegiatan TTM itu telah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Indonesia, serta meningkatkan citra Indonesia sebagai salah satu negara tujuan utama pariwisata bagi masyarakat Lithuania. Hal ini antara lain dibuktikan dari antusiasme yang tinggi dalam menjawab kuis yang diajukan, serta tingginya minat dan keinginan para peserta yang hadir untuk berwisata ke Indonesia.​ (mar)