Bimtek

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta berkolaborasi dengan beberapa perusahan menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Peningkatan Inovasi dan Pemasaran Produk PKT Binaan Dinas KPKP Provinsi Jakarta” di Pusat Pelatihan Pertanian Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, Bimtek tersebut diikuti 50 peserta PKT binaan Dinas KPKP. Tujuannya meningkatkan mutu dan diversifikasi produk olahan anggota PKT.

“Bimtek serupa akan dilaksanakan 20 kali selama tahun 2020 dengan materi aneka olahan yang berbasis produk pertanian, peternakan dan perikanan,” ujarnya, Rabu (29/1).

Darjamuni menjelaskan, pelaksanaan kolaborasi pelatihan ini merupakan implementasi dari arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mengembangkan City 4.0 di mana pemerintah berperan sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai kreator.

Dalam pelatihan ini, pihaknya berperan menyiapkan peserta dan sarana prasarana pelatihan, sedangkan perusahaan menyediakan narasumber, bahan praktik, dan makanan ringan.

“Ini suatu pelatihan yang menerapkan sistem kolaborasi. Saya sangat mengapresiasi, dan ini menguntungkan karena mereka sudah menyiapkan semua bahan praktik pelatihan termasuk narasumber,” terang Darjamuni.

Menurutnya, materi pelatihan yang diberikan meliputi, pembuatan aneka olahan berbahan sayuran, ayam dan ikan, roti goreng isi ayam, roti pai buah, roti gulung abon lele, bolu kukus jahe.

Ia menambahkan, peserta PKT yang telah mengikuti Bimtek diharapkan dapat terdaftar di e-order agar pemasaran produknya lebih luas dan usahanya semakin meningkat.

“Peserta akan dibina membuat olahan dan pemesanan melalui e-order jadi nanti pasar sudah terjamin. Tapi, saya tekankan kepada mereka supaya mutu dipertahankan,” tandasnya. (hop)