Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memastikan stok daging babi saat perayaan Imlek di Jakarta aman terkendali.

Ketersediaan stok ini dipastikan setelah UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Babi Dinas KPKP DKI Jakarta melakukan pengecekan ke Rumah Potong Hewan (RPH) Babi Perumda Dharma Jaya di kawasan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Pengecekan ini merupakan kegiatan rutin untuk memberikan jaminan keamanan pangan. Menjelang perayaan Imlek, stok daging babi cukup,” ujar Suharini Eliawati, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta (28/1).

Menurut Suharini, dalam kegiatan ini, pihaknya melakukan pengecekan mulai dari kesehatan hewan, proses pemotongan, pemilahan jeroan, karkas, dan lain sebagainya.

“Kita cek sesuai standar yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta,” katanya.

Ia menjelaskan, kebutuhan daging babi di Jakarta saat kondisi normal 7,7 ton per hari. Hingga saat ini ketersediaan daging babi masih terpenuhi sampai perayaan Imlek.

Sebelum pandemi, peningkatan kebutuhan daging babi saat Imlek bisa mencapai 30 persen. Di masa pandemi, peningkatan daging babi tidak naik secara signifikan dan diperkirakan hanya sekitar 15 persen.

“Kami optimis, jelang Imlek stok daging babi tercukupi dan aman dengan kondisi hewan sehat dan layak konsumsi. Jadi tidak usah panik dengan borong membeli,” tandasnya. (hop)