Mangrove

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menyediakan bibit karang dan mangrove yang bisa diperoleh warga secara gratis.

Kepala Pusat Budidaya Konservasi Laut Dinas KPKP DKI Jakarta Sartono mengatakan, cara mendapatkan bibit karang dan mangrove yakni dengan mengajukan permohonan melalui email pbkldki@gmail.com. Email yang dikirim tersebut perlu mencakup nama, alamat lengkap, jumlah bibit yang diinginkan dan penggunaannya.

“Pemohon akan dihubungi untuk pengambilan bibit. Khusus untuk Pulau Tidung dan Pulau Payung bibit akan diantarkan,” ujarnya, Jumat (29/3).

Sartono menjelaskan, saat ini mangrove siap tanam yang tersedia sekitar 7.000 bibit. Sementara, untuk karang ada sekitar 500 bibit.

“Boleh siapa saja, terutama komunitas pecinta lingkungan. Untuk tahap ini kami menerima pengajuan permohonan bibit mangrove dan karang hingga akhir April 2019,” terangnya.

Ia berharap, melalui banyaknya bibit karang dan mangrove yang ditanam akan bisa melestarikan lingkungan dan menjaga ekositem di pesisir pantai dan laut.

“Kami ingin masyarakat ikut terlibat. Sebab, pelestarian lingkungan itu menjadi tanggung jawab dan butuh kepedulian kita bersama,” tandasnya. (hop)