Bus Listrik

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bidang transportasi, PT Transjakarta, melakukan uji coba bus bertenaga listrik, Senin (29/4).

Dalam pelaksanaan uji coba hari ini, turut serta menggunakan bus tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko, serta Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono.

Sebelum memulai perjalanan dari Balai Kota DKI Jakarta, Anies terlebih dahulu mencoba melakukan pengisian ulang daya listrik bus. Uji coba bus menempuh rute Balai Kota DKI Jakarta-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan MH Thamrin-Bundaran HI-Jalan MH Thamrin-Balai Kota DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sudah saatnya DKI memiliki inovasi transportasi umum yang ramah lingkungan. Sebab kualitas udara di Ibukota perlu terus ditingkatkan dan itu memerlukan terobosan massif.

“Hari ini kita melakukan uji coba tiga bus pertama yang menggunakan tenaga listrik. Ini memiliki implikasi besar di masa mendatang untuk kelangsungan hidup generasi masa depan,” ujarnya.

Anies menjelaskan, secara teknis bisnis, bus tersebut sudah siap operasi. Targetnya, untuk sementara nanti bus melayani rute Monas sebagai eksibisi agar semua warga bisa mencoba inovasi transportasi umum di Ibukota.

“Kami akan melakukan konversi penggunaan kendaraan umum massal yang bebas emisi, kita mulai dari bus Transjakarta,” terangnya.

Uji coba akan dilaksanakan hingga 6 (enam) bulan ke depan. Namun bila ditemukan kekurangan, uji coba akan dilanjutkan hingga 12 (dua belas) bulan. Bus listrik yang diuji coba dibekali baterai berkapasitas 324 kWh yang mampu digunakan untuk menempuh jarak operasional rata-rata 250 km.

Bila menggunakan sumber listrik industri, bus listrik tersebut membutuhkan waktu 3,5-4 jam untuk sekali pengisian daya menggunakan arus listrik 40 ampere. Sedangkan jika menggunakan fast charging 90 ampere, hanya membutuhkan waktu  2-3 jam.

Di Jakarta sendiri, pekan lalu (22/4), PT Bluebird Tbk telah resmi mengoperasikan 25 unit taksi listrik merek BYD dan empat unit Tesla di jajaran produk Bluebird dan Silverbird. Taksi listrik tersebut merupakan yang pertama beroperasi di Indonesia. (hop)