ICMI

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terpilih sebagai ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil DKI Jakarta Periode 2020-2025 pada Musprov ICMI DKI Jakarta di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat (28/4). Ia mengajak ICMI Orwil Jakarta lebih aktif dalam melaksanakan visi dan misi.

“Izinkan saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk memimpin ICMI Orwil Jakarta. Mohon doanya semoga saya bisa amanah dan maksimal dalam menjalankan tugas ini selalu sehat dan bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan ICMI,” kata Wagub Ariza.

Amanah tersebut baginya sangat bersejarah. Sebab sebagai aktivis mahasiswa/generasi yang besar di era 1990-an (orde baru), organisasi ICMI adalah legenda atau milestone terpenting dari gerakan intelektual Islam yang telah mewarnai dinamika sejarah bangsa dalam memecahkan berbagai masalah.

“Hampir semua orang pada zaman itu mengenal keberadaan ICMI. Apalagi orang tua saya dulu juga aktif di MUI dan organisasi gerakan Islam lain. Maka ICMI sangatlah dekat dalam kehidupan pribadi saya. Salah satu kekuatan ICMI pada awal berdirinya, selain ketokohan dan pengaruh para pendirinya, adalah kemampuan memaksimalkan berbagai kanal informasi,” ucapnya.

Ia mengingatkan, tantangan utama umat kita saat ini antara lain meningkatkan kualitas SDM, menghilangkan kemiskinan dan ketimpangan sosial, dan dakwah Islam yang moderat dan rahmatan lil alamin, sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

“Dalam peningkatan kualitas SDM, ICMI DKI Jakarta harus mengambil peran lebih besar dengan lebih banyak melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Mengingat dalam sejarah, cendekiawan dan umaro (pemimpin) berperan penting bagi pembangunan bangsa ke depan,” katanya. (hop)