Haikal Hassan Baras

Kastara.ID, Jakarta – Kuasa hukum Ustadz Haikal Hassan, Novel Bamukmin, membantah kliennya telah ditangkap polisi di Dubai, Uni Emirat Arab. Novel menyatakan kliennya saat ini tengah melaksanakan kegiatan safari dakwah di beberapa negara di Timur Tengah.

Pengacara dari Forum Advokat Antipenistaan Agama dan Ulama ini memastikan Ustadz Haikal dalam kondisi sehat setelah melaksanakan ibadah umroh. Novel mengaku berkomunikasi dengan pendakwah yang akrab dipanggil Babe Haikal ini sesaat sebelum melaksanakan ibadah umroh. Saat itu menurut Novel, mereka bersama mengisi sebuah acara dakwah.

Novel menambahkan, Ustadz Haikal bertolak ke Timur Tengah bukan hanya untuk menunaikan ibadah umroh. Ustadz yang kerap bersikap kritis terhadap pemerintah ini juga mempunyai sejumlah agenda kegiatan di beberapa negara, seberti Uni Emirat Arab dan Yaman.

Bantahan serupa juga diungkapkan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo–Sandiaga, Andre Rosiade yang memastikan Ustadz Haikal Hassan dalam keadaan aman dan tidak ditangkap. Andre menyebut telah mendapat kabar dari keluarga Ustadz Haikal. Untuk itu Andre memastikan berita yang menyebut Ustad Haikal ditangkap dan segera dideportasi adalah bohong atau hoaks.

Sebelumnya beredar informasi bahwa Ustadz Haikal Hassan ditangkap di Dubai. Informasi yang beredar melalui media sosial dan aplikasi pertemanan itu sempat menyebut Ustadz Haikal bakal dideportasi ke Indonesia.

Sebenarnya pada Kamis (16/5) Ustadz Haikal Hassan harus menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait tuduhan telah menyebarkan berita bohong atau hoaks. Namun lantaran masih menjalankan ibadah umroh, pemeriksaan tersebut dijadwal ulang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut penyidik Bareskrim menghormati dan memahami alasan ketidakhadiran Ustadz Haikal. Itulah sebabnya penyidik mengagendakan pemeriksaan setelah Ustadz Haikal pulang ke tanah air. (rya)