Arus Mudik

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Perhubungan (Mendhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Kamis (31/5). Hal itu dikatakan saat meninjau persiapan arus mudik Lebaran 2019 di Nagreg–Limbangan, Garut, Jawa Barat, Rabu (29/5). Untuk itu Budi meminta masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, bersikap tertib dan selalu mengutamakan keselamatan serta keamanan.

Turut serta dalam peninjauan tersebut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan semua infrastruktur penunjang arus mudik sudah siap digunakan. Basuki menyebut jalur selatan sudah siap termasuk beberapa jalur yang kini sudah menjadi jalan nasional.

Sedangkan untuk jalan tol, menurut Basuki, pihaknya bersama Kemenhub dan Korlantas Polri sudah meninjau jalan-jalan tersebut guna memastikan kesiapannya. Basuki menegaskan kelancaran arus lalu lintas tergantung pada tiga hal, kesiapan infrastruktur, manajemen lalu lintas, dan perilaku masyarakat. Untuk itu Basuki meminta pengguna jalan selalu berperilaku baik selama di jalan.

Sementara itu, Menko PMK Puan Maharani mengimbau pemudik selalu tertib dan mengutamakan kesehatan dan keamanan. Puan meminta pengguna jalan tidak memaksakan diri, jika sudah merasa lelah sebaiknya beristirahat di sejumlah rest area. (mar)