Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI)

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok langsung melakukan monitoring lokasi di Kali Angke yang melintasi daerah Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI) yang berada di Kecamatan Sawangan, Depok, untuk memastikan berapa luasan kali yang akan dinormalisasi dan mempersiapkan kebutuhan alat berat yang digunakan.

“Kami sudah melakukan pengecekan lokasi untuk memastikan alat berat bisa didatangkan. Rencananya malam ini, alat berat berupa amphibi excavator kita turunkan,” kata Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah, Jumat (29/5).

Ditambahkan Bahtiar, normalisasi dilakukan untuk menambah daya tampung atau kapasitas air kali. Dengan begitu, dapat meminimalisir banjir di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI), Kecamatan Sawangan, yang sering terjadi banjir.

“Salah satu faktor utamanya adalah tanggul jebol yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dan berbatasan langsung dengan Kota Depok. Normalisasi ini menjadi salah satu antisipasi kami,” ujarya.

Untuk jangka waktu normalisasi, disesuaikan dengan kebutuhan. Ini bisa menjadi langkah awal dalam mengatasi banjir di BSI.

“Ya, saya berharap paling tidak mengurangi ketinggian air yang masuk ke Perumahan BSI. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan sesuai harapan dan perbaikan tanggul jebol segera dilakukan,” pungkas Kasie Operasi SDA PUPR. (*)