Kastara.ID, Jakarta – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta bersama organisasi masyarakat (Ormas) terus menggencarkan sosialisasi agar mereka yang sudah berada di daerah menunda dulu perjalanan menuju Jakarta.

Kepala Bakesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan, pihaknya secara intens menjalin komunikasi dengan instansi serupa di tingkat provinsi, kota maupun kabupaten lain untuk membantu sosialisasi mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

“Kami berkoordinasi dengan jajaran Bakesbangol Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dan sejumlah provinsi lainnya untuk mengerahkan ormas setempat menyosialisasikan imbauan ini kepada warga di daerah masing-masing yang berencana kembali atau datangĀ  ke Jakarta usai Lebaran,” ujarnya (28/5).

Ia mengungkapkan, sejumlah ormas binaan Bakesbangpol DKI Jakarta juga berperan aktif menyosialisasikan peraturan terkait Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

“Peran aktif secara edukatif yang dilakukan pengurus ormas di setiap wilayah kota administrasi yakni memasang spanduk sosialisasi di sejumlah perbatasan antara DKI Jakarta guna mengimbau para pemudik mengantongi SIKM sebelum kembali ke Ibukota,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pengurus organisasi kedaerahan di Jakarta juga mengimbau anggota yang hendak masuk atau kembali ke Ibukota untuk mengurus dokumen SIKM terlebih dahulu.

“Jadi, ormas bersama jajaran Bakesbapol DKI Jakarta tidak henti-hentinya menyosialisasikan imbauan ini dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tandasnya. (hop)