Kali Angke

Kastara.ID, Depok – Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI), Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, dalam waktu dua bulan telah delapan kali kebanjiran akibat luapan air Kali Angke dan jebolnya turap, ditanggapi serius Pemkot Depok.

Menanggapi keluhan warga Perumahan BSI, Kelurahan Duren Mekar, Bojongsari, Wali Kota Depok Mohammad Idris didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Dadan Rustandi langsung melihat sejumlah turap yang jebol.

“Kami ingin melihat langsung kondisi maupun turap yang jebol akibat tergerus air Kali Angke beberapa waktu lalu yang membuat permukiman warga sekitar selalu kebanjiran saat air kiriman dari Bogor meluap,” kata Wali Kota Mohammad Idris (29/5).

Idris mengatakan, memang ada beberapa titik turap yang perlu ditinggikan dan diperbaiki karena tidak mampu menampung air, akhirnya meluap ke permukiman warga, termasuk adanya tanggul pinggir kali yang jebol beberapa waktu lalu.

“Saya sudah instruksikan agar pihak DPUPR Depok secepatnya menutup dan memperbaiki tanggul yang jebol untuk mengantisipasi luapan air saat hujan kiriman air dari wilayah Bogor,” kata Idris.

Sementara Dadan menegaskan, untuk perbaikan secara menyeluruh, tentunya tidak dapat dilakukan sekarang ini. Untuk itu perlu adanya pengajuan anggaran tahun 2020, terlebih kondisinya sekarang pemerintah tengah menangani penyebaran Covid-19.

“Tapi program maupun rencana perbaikan tentunya harus dilakukan agar warga tidak lagi kebanjiran saat air Kali Angke meluap,” ungkapnya. (*)