Mangrove

Kastara.ID, Jakarta – Putri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati melakukan aksi peduli lingkungan di Pantai Cikaya, Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. Putu melakukan penanaman mangrove hingga pelepasan tukik.

Putu mengatakan, aksi peduli lingkungan ini dilakukan dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021 dan menyambut Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni mendatang.

“Pantai Cikaya merupakan kombinasi bukan saja sebagai lokasi wisata tetapi juga sebagai tempat edukasi dan konservasi lingkungan yang jika dijaga kelestariannya akan berdampak positif bagi lingkungan. Saya merasa senang bisa berkesempatan berkunjung ke sini,” ujarnya, Sabtu (29/5).

Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Pulau Panggang, Iskandar mengapresiasi aksi kepedulian lingkungan yang dilakukan Putri Indonesia Lingkungan 2020.

“Terima kasih telah berkunjung ke sini, semoga bisa menjadi motivasi sekaligus promosi bagi pariwisata Kepulauan Seribu, khususnya di Pantai Cikaya ini,” terangnya.

Sementara Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Pulau Pramuka Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Kusminardi menambahkan, dalam aksi peduli lingkungan tersebut dilakukan pelepasan 30 ekor tukik dan satu penyu sisik dewasa sebagai satwa langka yang dilindungi sekaligus maskot Kepulauan Seribu.

“Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penanaman 50 bibit mangrove dan transplantasi lamun di Pantai Cikaya,” tandasnya. (hop)