Kastara.ID, Jakarta – Baru dua minggu yang lalu sebuah poster keren dari film perang milik Roland Emmerich (Independence Day), Midway diluncurkan. Dan kini dengan semakin mendekati tanggal rilis di bulan November, Lionsgate menggunakan akun Twitter media setempat untuk meluncurkan debut trailer perdana untuk film ini.

Dibuka dengan serangan pasukan Jepang ke Pearl Harbor yang dipercaya merupakan salah satu kegagalan intelejen Amerika yang paling buruk dalam sejarah, trailer ini kemudian menggambarkan bagaimana pihak Amerika “membalas” tragedi perang tersebut. Dihadirkan dengan berbagai adegan dramatis serta heroik yang berlatar musik keren, promo ini seakan menjanjikan adegan aksi yang akan ditampilkan dalam film ini.

Midway dibintangi oleh Patrick Wilson (The Conjuring) yang berperan sebagai Admiral Edwin Layton, Luke Evans (The Alienist, Beauty and the Beast) sebagai Commander Wade McClusky, Woody Harrelson (Solo: A Star Wars Story) sebagai Admiral Chester Nimitz, Mandy Moore (This Is Us) dan Darren Criss (The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story), serta didukung oleh Aaron Eckhart (The Dark Knight), Nick Jonas (Jumanji: Welcome To The Jungle), Dennis Quaid (Emmerich’s The Day After Tomorrow), Keean Johnson (Alita: Battle Angel) dan Tadanobu Asano (Thor, 47 Ronin).

Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai pertempuran yang dikenal dengan nama “Battle of Midway”. Pertempuran ini merupakan penentu perubahan besar di wilayah pasifik pada era perang dunia kedua. Sebagai informasi, Universal Pictures sebelumnya pernah mengangkat kisah pertempuran ini pada tahun 1975 dengan judul yang sama dengan bintang Charlton Heston, Henry Fonda, James Coburn dan Toshiro Mifune.

Sebagai informasi tambahan, Commander Wade McClusky mendapatkan medali Naval Cross untuk perjuangannya di pertempuran Midway. Sedangkan Admiral Chester Nimitz merupakan salah satu pimpinan armada laut Amerika yang sukses membawa kemenangan bagi pasukan sekutu. (cinemags/nad)