Kastara.ID, Assen – Penampilan rookie Fabio Quartararo pada kualifikasi MotoGP Belanda terus berlanjut. Ia pun berhasil mengunci pole position setelah mengalahkan Maverick Vinales dan Alex Rins.

Pembalap Petronas Yamaha SRT itu secara nyata menjadi penantang terkuat bagi Vinales, Rins, dan juga Marc Marquez usai merebut start paling depan di TT Circuit Assen, Sabtu (29/6).

Menariknya, Quartararo selalu di empat besar hingga berakhirnya sesi. Kerja kerasnya membuahkan hasil manis. Bahkan satu menit jelang kualifikasi berakhir, ia mampu ke posisi teratas.

Dengan catatan waktu 1 menit 32,017 detik yang menjadi rekor pole yang baru, Quartararo mampu menekuk Vinales, termasuk Rins, serta Marquez yang harus puas di grid keempat.

Dengan pole position di Assen yang menjadi ketiga kalinya bagi Quartararo di debutnya di kelas premier musim ini, setelah di Jerez dan Catalunya.

Rookie lainnya, Joan Mir, turut mencatat penampilan gemilang dengan mengamankan posisi kelima, mengungguli Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci.

Takaaki Nakagami menempati grid kedelapan, diikuti Franco Morbidelli, serta Jack Miller. Rihan mengecewakan justru dipetik Andrea Dovizioso di posisi ke-11.

Valentino Rossi juga harus mengawali balapan dari grid ke-14, setelah gagal menembus Q2 saat menjalani Q1.

MotoGP Belanda rencananya bakal dihelat Ahad (30/6) besok, mulai pukul 19:00 WIB. (lan)