Pusat Pelatihan Kerja (PPK)

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta mengadakan kompetisi peserta pelatihan kerja antar Pusat Pelatihan Kerja (PPK) (28/6). Kompetisi ini diikuti 30 peserta perwakilan dari setiap PPK di lingkungan Dinas Nakertransgi DKI Jakarta.

Dalam ajang ini, ada lima kejuruan yang dikompetisikan, meliputi kejuruan tata busana, kejuruan teknik komputer, kejuruan desain grafis, kejuruan teknik pendingin dan kejuruan teknik sepeda motor. Setiap PPK mengirimkan satu peserta untuk masing-masing kejuruan.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting agar warga dapat bersaing dalam persaingan global dan dunia kerja.

Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai upaya dilakukan melalui program dan kegiatan yang dikelola pemerintah daerah dengan melibatkan seluruh potensi sumber daya.

“Salah satu kegiatannya melalui kompetisi peserta pelatihan kerja antar PPK. Kompetisi keterampilan antar PPK sebagai ajang unjuk kemampuan bidang keahlian tertentu bagi peserta maupun lulusan dari PPK,” ujar Andri di PPKPI Pasar Rebo, Jakarta Timur (28/6).

Andri menjelaskan, kompetisi antar PPK ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan kualitas dan kualifikasi lulusan pelatihan. Sehingga bisa menjadi gambaran yang baik bagi dunia usaha dan dunia industri untuk menyerap lulusannya.

“Kesuksesan kompetisi antar PPK juga menggambarkan efektivitas dalam melaksanakan pembinaan terhadap bidang pendidikan dan pelatihan kerja,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Heny Mayawati. Ia menilai kompetisi ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk memotivasi para peserta pelatihan kerja agar selalu berupaya untuk mengembangkan kompetensinya hingga mencapai standar internasional.

“Dengan dilakukan pelatihan dan pembinaan, maka kita akan mampu menciptakan tenaga kerja yang bisa diandalkan dan disebarluaskan,” ungkapnya.

Juara 1 Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja Antar PPK Tahun 2022:
-Kejuruan Teknik Pendingin diperoleh Ramadhan Aprianto dari PPKD Jakarta Utara.
-Kejuruan Desain Grafis diperoleh M Fikri Alamsyah dari PPKD Jakarta Pusat.
-Kejuruan Teknik Komputer diperoleh Amir Hakim Adila dari PPKD Jakarta Selatan.
-Kejuruan Sepeda Motor diperoleh Muhammad Daffa Adlin dari PPKD Jakarta Timur.
-Kejuruan Tata Busana diperoleh Diah Damayanti PPKD Jakarta Barat. (hop)