Anugerah Desa Wisata (ADWI)

Kastara.ID, Jakarta – Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza (Ariza) Patria ke Pulau Kelapa dan Pulau Panjang di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara (28/6), disambut antusias warga setempat.

Banyak warga yang meminta berswafoto atau sekadar berjabat tangan dengan Sandi dan Ariza.

Ketua RW 02, Kelurahan Pulau Kelapa Mastur menyampaikan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Parekraf RI yang telah mendukung dan memajukan Pulau Kelapa.

“Saya bersama warga sangat senang dan bangga karena Pulau Kelapa dapat masuk 100 besar di ADWI 2022. Semoga Pulau Kelapa dapat semakin bangkit sektor pariwisata dan ekonomi kreatifnya,” ujarnya (28/6).

Sementara warga RT 02/02, Kelurahan Pulau Kelapa, Mariati (50) sangat terharu dan senang dengan adanya kunjungan kedua pejabat penting tersebut bersama Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.

“Kami berharap UMKM yang kami kelola semakin membaik dan maju, makanan tradisional dan kerajinan kita semakin terkenal. Semoga adanya kunjungan ini bisa membawa nama UMKM kita sehingga semakin banyak wisatawan yang melirik produk kami,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelapa Tunggal, Safaat mengaku sangat bersyukur karena desa wisata Pulau Kelapa lolos 100 besar, meskipun mayoritas penduduknya atau sekitarĀ 75 persen berprofesi sebagai nelayan.

“Kami berterima kasih atas kunjungan kerja Pak Menteri, Pak Wagub dan Pak Bupati, ini dapat memberikan semangat dan motivasi untuk semua warga. Semoga kita bisa tembus 50 besar hingga menjadi yang terbaik,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kunker Sandi dan Ariza dilakukan dalam rangka peninjauan lokasi destinasi Pulau Kelapa yang masuk nominasi 100 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Parekraf RI. (hop)