Kastara.id, Maranello – Ferrari Portofino merupakan nama mobil Ferrari yang sangat menggugah untuk mobil drop-top. Namanya diambil dari salah satu kota tercantik di Italia yang terkenal dengan pelabuhan wisatanya yang menawan dan sudah bertahun tahun menjadi identik secara internasional dengan keanggunan, sportiness, dan kemewahan yang bersahaja.

Portofino merupakan mobil GT bermesin V8 terbaru dengan daya sebesar 600 cv yang mampu melesat hingga 100km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik. Rangka mesinnya memiliki penghematan berat yang signifikan dibanding California T berkat penggunaan ekstensif dari teknologi produksi moderen. Seluruh rangka mesin serta komponen body in white-nya telah didesain kembali dengan pengurangan berat meski terdapat peningkatan kekakuan torsi.

Mesin V8 Turbo merupakan bagian dari keluarga mesin yang dinominasikan dalam Internasional Engine of the Year tahun 2016 dan 2017 mampu mengeluarkan daya 40 cv lebih besar dibanding unit daya California T yang telah diadopsi komponen baru dan kalibrasi spesifik dari perangkat lunak pengaturan mesinnya. Seluruh aspek efesien dari mesin V8 telah mengaadopsi piston dan concord serta sistem asupan baru.

Sejumlah perbaikan ini dikombinasikan dengan variable boost managment yang menyesuaikan pengiriman torsi agar sesuai dengan gigi yang dipilih. Hal ini memungkinkan Ferrari Portofino memberikan tingkat akselerasi yang lebih tinggi di semua roda gigi dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dibandingkan dengan model-model yang ada saat ini.

Mobil ini juga menjadi convertible terkuat untuk menggabungkan kelebihan dari retractable head top yang lapang dan ruang kokpit yang luas serta dua kursi belakang yang sesuai untuk perjalanan jarak dekat. Sebagai GT pertama yang dilengkapi Electric Power Steering (EPS) guna mengurangi rasio kemudi sebesar tujuh persen membuat kemudi lebih responsif berkat diintegrasikannya electric rear differential (E-Diff3).

Menurut Ferrari Design Center, Ferrari Portofino merupakan mobil bergaya agresif dengan konfigurasi fastback dua kotak yang belum ada sebelumnya. Coupe convertible bagian atasnya dapat ditarik yang menambahkan sleekness ekstra pada siluetnya, agar memberikan karakter yang lebih sporti tanpa menyinggung keanggunan dan dinamismenya.

Untuk melihat wujud aslinya, mobil ini akan melakukan debut dunianya di Frankfurt Internasional Motor Show bulan September mendatang. (koes)