Yogyakarta

Kastara.ID, Jakarta – Kerusuhan berbagai lokasi di Papua tak kunjung padam. Meski Panglima TNI, Kapolri, dan Menkopolhukam sudah berkunjung dan bersilaturahmi, tampaknya tak serta merta menyelesaikan persoalan.

Ketersinggungan masyarakat Papua soal rasisme berawal dari insiden di Surabaya berlanjut ke Malang. Masyarakat merespons ketidaksetujuan dengan melakukan aksi bergelombang dan berlanjut mulai dari Manokwari, Sorong, dan hari ini (29/8) di Jayapura, Papua.

Aksi ini dilakukan di Kotaraja, Distrik Adepura, dengan membakar Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP). Massa diketahui berjalan kaki menuju arah Jayapura. Selanjutnya akan ada juga aksi susulan di kawasan Expo, Waena, Jayapura, Papua.

Selain itu, kendaraan dinas juga ikut menjadi korban amukan massa di kawasan Expo, Waena. Situasi kota Jayapura dikabarkan mencekam hingga lumpuh. Seluruh kegiatan sengaja diberhentikan. Bahkan angkutan umum memilih untuk tidak beroperasi.

Kelompok massa beroperasi dengan melakukan orasi di Jalan Irian di Pusat Kota. Massa diketahui sejumlah 50-an orang berjalan kaki.

Sebelumnya diketahui bahwa salah satu tuntutan massa adalah meminta supaya Jokowi hadir di Papua. Dan hingga saat ini belum ada kabar rencana akan keberangkatan Jokowi ke Papua. Diketahui Jokowi kini berada di Yogyakarta meninjau Yogyakarta International Airport dan Terminal Tidar. (rya)