Pulau Untung Jawa

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu secara rutin melakukan pengisian air tempat sarana cuci tangan umum di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu Abdul Rouf mengatakan, sarana cuci tangan tersebut berada di wilayah RW 01, 02, 03, serta fasilitas umum di Kelurahan Pulau Untung Jawa.

“Setiap hari petugas berkeliling dengan gerobak motor memastikan bak-bak air yang sudah disediakan terisi,” ujar Abdul Rouf (28/9).

Abdul menjelaskan, sebanyak tujuh petugas dikerahkan untuk mengisi sarana cuci tangan tersebut, mulai dari kawasan dermaga, jalan protokol, depan kantor pemerintahan, RPTRA, gedung sekolah hingga di jalan-jalan lingkungan.

“Kita menggunakan air bersih dari RO atau SWRO yang ada untuk mengisi sarana cuci tangan itu. Kebutuhan air bersihnya bisa mencapai 200-300 liter,” terangnya.

Sementara Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi menambahkan, dengan adanya fasilitas cuci tangan tersebut diharapkan bisa semakin membudayakan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

“Fasilitas ini semakin memudahkan warga untuk melaksanakan 3M yang salah satunya adalah rajin mencuci tangan dengan sabun,” tandasnya. (hop)