Kastara.Id,Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi saluran Inlet Kali Ciliwung di RW 14 Pondok Duta, Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis.

Upaya ini dilakukan agar fungsi saluran bisa lebih maksimal sehingga dapat mencegah banjir saat musim penghujan.

“Kami normalisasi saluran Inlet Kali Ciliwung ini atas permintaan warga. Dengan tujuan untuk memaksimalkan penyerapan air. Karena saluran ini sudah sangat dangkal akibat tumpukan sedimen lumpur,” kata Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Kamis (29/9).

Masih kata Citra, untuk pengerjaan mulai dilakukan sejak Senin (26/09) dan masih berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pihaknya juga mengirimkan satu alat berat berupa mini spider, satu unit truk, dua operator dan satu regu Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari 10 personel.

“Sudah dikerjakan sejak Senin lalu. Rencananya masih terus berlanjut dan tidak ada target. Saat ini yang sudah dikerjakan sepanjang 250 meter dari rencana 500 meter,” katanya.

Citra menambahkan ,Pekerjaan ini dilakukan sebagian dengan cara manual dan sebagian lagi dengan mempergunakan alat berat, karena saluran tersebut ada yang sudah tertutup coran warga.

Citra berharap, upaya ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Citra berpesan  meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan harus dijaga bersama-sama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir,” tutupnya.