Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarat untuk selalu mewaspadai ancaman bencana yang mungkin saja timbul terkait pergantian musim yang sudah mulai tiba.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, peningkatan kewaspadaan terkait pergantian musim dari kemarau ke penghujan harus dilakukan, mengingat beberapa daerah di Indonesia mengalami hidrometeorologi, seperti angin kencang, angin puting beliung, longsor, serta banjir (28/10).

Menurut Agus, angin puting beliung, longsor, serta banjir termasuk bencana mematikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan perkiraan BMKG, sebanyak 20 persen wilayah di Indonesia pada bulan Oktober sudah memasuki musim penghujan, 47 persen wilayah pada bulan November, dan 23 persen wilayah pada bulan Desember. Diperkirakan selama bulan November beberapa wilayah akan mengalami curah hujan tinggi hingga sangat tinggi, di antaranya wilayah Aceh, Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, dan sebagian wilayah Papua. (rya)